Plaza Getsemani & Jalan Salib

            Jalan Salib (Bahasa Latin) dikenal juga sebagai Via Dolorosa (Jalan Penderitaan) merujuk pada penggambaran masa-masa terakhir penderitaan Tuhan Yesus Kristus dan devosi yang diadakan di gereja dimulai oleh Santo Fransiskus Asisi dan menyebarke seluruh Gereja Katholik Roma di abad pertengahan.

            Selama proses pembangunan area Jalan Salib ke Monumen Tuhan Yesus Memberkati, sebuah mujizat telah terjadi. Terdapat 2 pekerjaan besar dalam proses pembangunan Jalan Salib yaitu pekerjaan landscape anak tangga yang berkelok-kelok naik keatas bukit dan pekerjaan pembuat plakat di 14 perhentian. Di tiap perhentian, harus disesuaikan antara lukisan di plakat dengan arah dari anak tangga berikutnya yang naik menuju keatas, bila gambar di plakat menunjukkan Yesus akan bergerak ke kanan maka anak tangga naik berikutnya pun harus mengarah kekanan, demikian sebaliknya.

            Apa yang terjadi, perancang landscape dan pelukis plakat tidak pernah saling berkoordinasi, masing-masing berkerja sendiri dan memang mereka berada di kota yang berjauhan. Peluang terjadinya kekeliruan sangat besar sekali karena diketahui plakat 1-9 memiliki arah kekiri atau kekanan (dengan probabilitas sekitar 1:512, atau dengan kemungkinan cocok semua 2:1000).

            Namun, apa yang terjadi kemudian sangatlah mengherankan karena keseluruhan lukisan dalam plakat cocok dengan rancangan dan konstruksi anak tangga dilapangan.  Kejadianini adalah sebuah mujizat bagi Ir. Ciputradania pun sangat bersuka cita karena mengalami pemeliharaan TUHAN yang ajaib.
 Jalan Salib di CitraLand Manado, City of Blessing sterdiri dari 187 anak tangga dengan tinggi kurang lebih 33 meter dan panjang 164 meter.
 

Kemuliaan Hanya Bagi Tuhan

            Keluarga Ir. Ciputra berharap CitraLand Manado dan patung Tuhan Yesus Memberkati Kota Manado dapat menjadi sebuah “warisan” untuk masyarakat Kota Manado dan juga untuk masa depan Kota Manado. Keluarga Ir. Ciputra ingin mempersembahkan kepada masyarakat bukan sekedar CitraLand sebagai sebuah komplek perumahan yang indah. Ir. Ciputra ingin dan berharap CitraLand dengan patung Tuhan Yesus Memberkati, 5 gereja dari berbagai denominasi di area Plaza of Blessing, secara keseluruhan menjadi sebuah ikon kota yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Manado.

            Mereka berharap ini menjadi tempat dimana masyarakat dapat menyegarkan kehidupan rohaninya, menikmati rekreasi yang sehat dan melegakan baik melalui pemandangan alam, serta waterpark yang dapat menjadio bjek wisata air keluarga.Sekolah Citra Kasih yang ada juga menambah fasilitas di kota CitraLand Manado. Adalah kerinduan Ir. Ciputra bahwa komplek CitraLand Manado dapat membantu usaha pemerintah Sulawesi Utara untuk mempromosikan Kota Manado menjadi tujuan wisata nasional dan International.